• SMKIT MA'ARIF NU KARANGLEWAS
  • SEKOLAH UNGGUL DALAM PRESTASI, RELIGIUS DAN BERKARAKTER

VoIP

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas- Semangat pagi .. teman-teman SMK IT Ma'arif NU Karanglewas .. Berharap dipagi ini kita semua tetap diberi kesehatan dan kesemangatan dalam menunaikan tugas kita untuk senantiasa belajar meskipun dalam kondisi Pandemi Covid 19 sekalipun.

Untuk tetap menjaga kesemangatan kita dalam belajar, marilah senantiasa kita awali dengan berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar senantiasa kita selalu dibukakan pintu rahmat-NYA agar kita diberi kemudahan dalam segala hal. Khususnya memohon diberi kemudahan dalam memahami materi pembelajaran kita pada pagi ini.

1. Voip ( Voice Over Internet Protocol)

Pengertian VoIP ( Voice over Internet Protocol )  

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).

Fungsi VoIP :


1. Signalling -- Signalling berfungsi untuk menangkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan inisialisasi (penyampaian) pesan/percakapan.

2. Database Service -- Layanan database adalah salah satu fungsiVoIP dalam mencari tujuan akhir/endpoint yang harus dituju, sekaligus sebagai penerjemah alamat yang biasanya digunakan dalam duajaringan yang berbeda.

3. Call Connect/Disconnect (Bearer Control) -- Bearer Control memungkinkan si penerima panggilan dapat memutuskan panggilan/menerima panggilan.

4. Codecs Operations -- Berguna sebagai coder ataupun decoder dalam pengubahan/transmitted suara menjadi sinyal digital/paket data ataupun sebaliknya.

Untuk Materi Selanjutnya yuk kita simak : Bagaimana Cara Kerja VoIP 

... 

Tulisan Lainnya
Ragam Aplikasi Komunikasi Data #1

SMK-IT Ma'arif NU Karanglewas- Teknologi Layanan Jaringan Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan Memahami Teknologi Layanan Jaringan Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan1. Memahami Raga

15/08/2020 09:10 WIB - SOLIHUDIN
Memahami Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

SMKIT Ma'arif NU Karanglewas- Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman. Ini merupakan bagian lanjutan dari materi sebelumnya tentang ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN , bagaimana k

07/08/2020 08:00 WIB - SOLIHUDIN
Cara Kerja VoIP

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas- Bagimana Teman-teman SMK IT Ma'arif NU Karanglewas memahami cara Kerja VoIP??  Cara Kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari

06/08/2020 07:54 WIB - SOLIHUDIN
ELEMEN DESAIN GRAFIS

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas - Pertemuan Kedua  Kompetensi Dasar : Pengetahuan : Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna,gelap-terang, tekst

03/08/2020 07:30 WIB - SOLIHUDIN
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas - Bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk

24/07/2020 07:30 WIB - SOLIHUDIN